Rabu, 12 Agustus 2009

Luka Bakar

Luka bakar

Luka bakar adalah luka yang disebabkan oleh sentuhan permukaan kulit/tubuh dengan benda-benda yang menghasilkan panas dan zat-zat yang bersifat terbakar.
Penyebab
• Suhu panas(api,air panas,uap air)
• Suhu dingin
• Listrik
• Zat kimia
• Radiasi/radioterapi
Luka baker dibagi menjadi 3 macam
1. Luka baker derajat satu(ringan)
Luka bakar yang hanya terdapat pada permukaan kulit saja,di tandai dengan kemerahan di sekitar luka,panas di area luka,bengkak ringan pada luka,panas di area luka,dapat sembuh sendiri.Misalnya:terbakar sinar matahari
2. Luka Bakr derajat 2
Luka bakar yang mencapai sebagian ketebalan kulit,ditandai dengan adanya gelembung cairan didalam kulit,warna merah,keputihan.bengkak dan terdapat luka kecil.Jika luka terkena infeksi maka penyembuhan akan semakin lama.
3. Lika bakar derajat 3
Luka bakar yang terjadi pada seluruh ketebalan kulit di tabdai dengan luka tampak kering,putih,pucat dan kehitaman,tidak terasa nyeri karena terjadi kerusakan jaringan saraf terdapat kematian jaringan kulit.

Cara enanganan Luka Bakar
1.Jauhkan dari sumber panas
Gunakan anduk /kain basah untuk memadamkan api,lepaskan pakaian yang
terbakar,segera siram dengan air
2.Segera siram dengan air mengalir/rendam pada area luka,jangan menggunakan air es kkarena dapat menyebabkan syok.Rendamlah luka selama 30 menit agar efektif.
3.Pertahankan luka tetap dalam keadaan bersih,hindarkan pemberian pasta gigi,minyak,pada area luka,dan gunakanlah antiseptk untuk membersihkan luka.
4.Jika luka bakar oleh zat kimia,guyurlah dengan air mengalir selama kurang lebih 15 menit,pakaian dibuka.
6.Segera bawa ke rumah sakit jika luka bakar lebih dari 10 % dari tubuh pada derajat 2 dan 3 luka bakar yang mengenai wajah,leher,tangan,kaki dan kemaluan.
7.Kurangi tingkat keparahan luka bakar dengan mengupayakan agar tidak menekan seluruh bagian luka bakar yang terdapat pada persendian.
8.Jika terjadi penurunan kesadaran lakukan RJP jika mampu
YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN JIKA TERJADI LUKA BAKAR
• Jangan sekali-sekali mengoleskan odol,mentega,aor kapur,karena bias menyebabkan infeksi
• Jangan memecahkan gelembung cairan yang ada di dalam kulit
• Untukluka bakar ringan dan sedang cukup ditutup dengan balutan kering

by.A@ SOIM H

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar